Berita

Berita Thumbnail
Jumat, 07 Juli 2023
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS & HIBAH BUKU FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI 8 JULI 2023 – 15 JULI 2023

English Version

Tema Sosialisasi Hasil Penelitian Unggulan Fakultas 

Tema kedua dari kegiatan Sosialisasi Hasil Penelitian Unggulan Fakultas adalah Hasil Penelitian yang menyoroti tentang “Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan”. Selengkapnya tema hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:

Tema Sosialisasi Hasil PUF: “Problematika Pengaturan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan di Indonesia”.

  • Tim Peneliti: Tim Peneliti terdiri dari Dosen Fakultas Hukum, Mahasiswa dan/Alumni, yakni :

Ketua Peneliti:  Dr. Dinda Keumala, S.H., M.Kn.

Anggota Peneliti:  -Dr. Setiyono, S.H., M.H.

                             -Dian Purnamasari, S.H., M.H.

Mahasiswa/Alumni:  Laksmi Gabriella Sitinjak

  • Waktu: Sabtu, 8 Juni 2023, pk. 10.00-11.00 WIB
  • Zoom Meeting:  Meeting ID 995 0652 6144

Passcode 250908

Ringkasan Penelitian

Penelitian  ini menggambarkan adanya problematika pengaturan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan di Indonesia, dimana pembentukan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan di Indonesia tidak secara eksplisit disebutkan dalam Undang-undang Otoritas Jasa Keuangan dan Perubahannya. Selain itu, adanya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan yang mengatur tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan dibentuk dengan tidak memasukkan Undang-undang Arbitrase dan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam ‘menimbang’. Terakhir adanya inkonsistensi terkait dengan istilah baru Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Keuangan yang digunakan dalam Undang-undang Penguatan dan Pengembangan Sektor Keuangan yang berbeda dengan istilah yang digunakan sebelumnya dalam Peraturan-peraturan Otoritas Jasa Keuangan yang terkait.

Silahkan bergabung..!

Mengingat acara ini sangat relevan dengan sejumlah kasus yang terjadi dalam masyarakat, diharapkan civitas akademika Universitas Trisakti dapat menghadiri kegiatan ini, dan terutama untuk mahasiswa dari peminatan Hukum Bisnis pada khususnya maupun peminatan lainnya di Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Tersedia e-sertifikat bagi mereka yang menghadiri acara ini.

Floatin Button
Floatin Button