Berita

Berita Thumbnail
Sabtu, 14 Agustus 2021
Oleh: Admin

Dosen FH Usakti Menerima Penghargaan Anugerah Konstitusi Tahun 2021 dari Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

Berita dari FH Usakti :

Dosen FH Usakti Menerima Penghargaan Anugerah Konstitusi Tahun 2021 dari Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

Pada hari Jum’at 13 Agustus 2021, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia menyelenggarakan acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-18 Mahkamah Konstitusi yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan Seluruh Hakim Konstitusi beserta pejabat kesekjenan. Dalam gelaran acara tersebut Mahkamah Konstitusi memberikan sejumlah pengharagaan Anugerah Konstitusi Tahun 2021 kepada sejumlah Pihak.

Menjadi sebuah kebanggaan bagi Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Trisakti karena tiga dosennya mendapat penghargaan Anugerah Konstitusi Tahun 2021 sebagai “Penulis Artikel Hukum dan Konstitusi di Jurnal Konstitusi Terbaik II”.

Ketiga dosen tersebut adalah Dr. Tri Sulistyowati, SH., MH yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan IV, M. Imam Nasef, SH., MH dan Ali Rido, SH., MH.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dari Lembaga Tinggi Negara dan insan konstitusi di Indonesia atas karya terbaik dari Dosen FH Usakti.

Artikel Ilmiah yang diganjar Anugerah Konstitusi tersebut berjudul “Constitutional Compliance Atas Putusan Pengujian Undang-Undang di Mahkamah Konstitusi oleh Adressat Putusan”. Secara garis besar substansi artikel tersebut memotret tingkat kepatuhan atas pelaksanaan putusan pengujian undang-undang di Mahkamah Konstitusi periode 2013 – 2018 oleh adressat putusan yaitu lembaga-lembaga negara di Indonesia. Temuan monumental dari karya ilmiah tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 22,01 % putusan pengujian undang-undang di Mahkamah Konstitusi tidak dipatuhi oleh adressat Putusan.

Tulisan jurnal tersebut sebenarnya rangkuman hasil penelitian dari ketiga penulis yang dilaksanakan dalam skema Penelitian Kompetitif Mahkamah Konstitusi Tahun 2019. Penelitian tersebut memang banyak mendapat apresiasi dari berbagai kalangan khususnya pemerhati konstitusi. Bahkan pada saat menyampaikan laporan tahunan Mahkamah Konstitusi Tahun 2020, Ketua Mahkamah Konstitusi Yang Mulia Dr. Anwar Usman, S.H., M.H. sempat mengutip dan menjadikan penelitian tersebut sebagai acuan dalam mengevaluasi tindaklajut putusan pengujian undang-undang.

Raihan prestasi ini diharapkan dapat memacu semangat civitas akademika Universitas Trisakti untuk lebih aktif lagi dalam melakukan riset/penelitian, penulisan jurnal ilmiah atau karya ilmiah lainnya sebagai salah satu manifestasi dari tridharma perguruan tinggi yaitu penelitian dan pengembangan.

Sumber berita : Wadek IV FH Usakti