Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 17 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH SEMINAR HASIL PENELITIAN

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Pada hari pertama, Selasa 17 September 2024, Tim Peneliti yang diketuai oleh Dr. Dra. Siti Nurbaiti, S.H., M.Hum mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Aspek Hukum Transportasi Benda-benda Cagar Budaya pada situasi Konflik Bersenjata Non-Internasional”.  Penelitian ini mencoba untuk menawarkan upaya-upaya yang harus dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka menyiapkan transportasi yang digunakan untuk mengangkut benda-benda cagar budaya yang bersifat “bergerak” (movable), ke suatu tempat yang lebih aman, agar tidak terdampak dari akibat konflik bersenjata.

Tim Peneliti terdiri dari Dr. Dra. Siti Nurbaiti, S.H., M. Hum; Dr. Arlina Permanasari, S.H., M.Hum; Divisi Hukum Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan ahli arkeologi yang tergabung dalam Tim Ahli Cagar Budaya (TACB). Ikut serta pula Nabillah Aini dan Putri Valery Christy, mahasiswa yang membantu pelaksanaan penelitian ini.

Penelitian akan menghasilkan Model atau Rekomendasi Kebijakan tentang Aspek Hukum Transportasi pada waktu Konflik Bersenjata dari perspektif regulasi nasional di Indonesia, sebagai implementasi dari ratifikasi Konvensi Den Haag 1954 dengan Keppres No. 234 Tahun 1966. Di samping itu dihasilkan pula sertifikat hak cipta dan luaran lain berupa jurnal internasional bereputasi.

Floatin Button
Floatin Button