Berita

Berita Thumbnail
Sabtu, 15 Juli 2023
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS & HIBAH BUKU

English Version

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI

7 JULI 2023 – 15 JULI 2023

“Pekan Ilmiah Penelitian Unggulan Fakultas & HIbah Buku” hari ketujuh tanggal 15 Juli 2023 menyajikan Sosialisasi Hasil Penelitian Unggulan Fakultas (PUF) dalam rangka mendapatkan masukan/input bagi pelaksaan Penelitian Unggulan Fakultas.

Topik Sosialisasi Hasil PUF

  • Tema FGD: Pemetaan Regulasi Nasional tentang Konflik Bersenjata”
  • Tim Peneliti: Tim Peneliti terdiri dari Dosen Fakultas Hukum, dan Mahasiswa, yakni :

Ketua Peneliti:        Dr. Aji Wibowo, S.H., M.H.

Anggota Peneliti:   Dr. Jun Justinar, S.H., M.Hum.

                                 Dr. Arlina Permanasari S.H., M.Hum.

Mahasiswa:             Yoana Theresia Listoravina Valois

                                    Yosefa Oktriviani Mutiara Mali

  • Zoom Meeting:    
  • Meeting ID: 914 0439 7731
  • Passcode: 871327
  • Waktu :                   09.00 – 11.00 WIB

Ringkasan Penelitian

Terinspirasi dari hasil Konferensi Internasional Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang ke-33 pada Desember 2019, maka penelitian bertujuan untuk mencari dan menemukan bagaimana implementasi hukum humaniter pada tingkat nasional di Indonesia.

Penelitian memfokuskan diri dengan berdasarkan pada data primer yakni bahan hukum primer dan sekunder, terutama regulasi nasional yang berkaitan dengan konflik bersenjata. Peneliti melakukan dua klasifikasi besar tentang implementasi tersebut yang dilihat dari perspektif peraturan perundang-undangan dan putusan-putusan pengadilan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mencari dokumen hukum pada laman-laman resmi seperti JDHI, Mahkamah Konstitusi dan Hukum Online.

Penelitian ditujukan untuk mendapatkan database tentang regulasi nasional yang berkaitan dengan hukum humaniter, sehingga dapat ditentukan kemudian tindakan-tindakan apa yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia, para pemangku kepentingan, lembaga swadaya masyarakat dan masyarakat madani pada umumnya dalam rangka menjaga ketahanan negara dan perdamaian.

Beberapa irisan yang ditemukan peneliti membuka kesempatan bagi dilakukannya penelitian lanjutan dengan berbagai bidang keilmuan, yang diharapkan dapat dilakukan peneliti di masa yang akan datang, dengan melakukan berbagai kerjasama baik di tingkat nasional maupun internasional.

Penelitian ini telah menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah pada Book Chapter dari kegiatan 6th International CEO Social Sciences Congress, 16-18 Juni 2023 yang lalu. Di samping itu dihasilkan pula luaran berupa sertifikat Hak Cipta atas paparan-paparan yang dipresentasikan oleh seluruh Tim Peneliti.

Silahkan bergabung..!

Diharapkan civitas academica Universitas Trisakti dapat menghadiri kegiatan ini, dan terutama untuk mahasiswa dari peminatan Hukum Internasional, khususnya yang mengambil mata kuliah Hukum Humaniter dan Pengungsi serta Hukum HAM Internasional maupun mahasiswa dari peminatan lainnya di Fakultas Hukum Univesitas Trisakti. Tersedia e-certificate bagi peserta yang menghadiri acara ini.

Floatin Button
Floatin Button