Berita

Berita Thumbnail
Kamis, 07 Maret 2024
Oleh: adminfh

Kemenkumham Gandeng Fakultas Hukum Universitas Trisakti Selenggarakan Sosialisasi Kebijakan Izin Tinggal Keimigrasian dan Kewarganegaraan

Kamis, 7 Maret 2024, bertempat di Hotel Aston Kartika Grogol, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bersama Fakultas Hukum Universitas Trisakti (FH Usakti) menyelenggarakan sosialisasi terkait kebijakan izin tinggal keimigrasian dan kewarganegaraan. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa FH Usakti, alumni FH Usakti, dan Taruna-Taruni Politeknik Imigrasi (Poltekim) serta dosen-dosen dari FH Usakti dan Poltekim.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Dekan FH Usakti, Dr. Dra. Hj. Siti Nurbaiti, S.H., M.H., yang menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk dilaksanakan karena berhubungan dengan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya Pengabdian kepada Masyarakat, sehingga diharapkan juga terkhusus bagi para mahasiswa FH Usakti yang menjadi peserta dalam kegiatan ini dapat menjadikan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan sebagai ide penulisan artikel ilmiah. Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Republik Indonesia, Silmy Karim, S.E., M.E., M.B.A, yang diwakili oleh Analis Keimigrasian Ahli Utama, Yudanus Dekiwanto, S.H., M.H., yang menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini penting untuk dilaksanakan mengingat terdapat beberapa peraturan baru di bidang keimigrasian dan kewarganegaraan yang perlu diinformasikan kepada masyarakat, selain itu beliau juga menyampaikan kekagumannya sebab FH Usakti merupakan satu-satunya Fakultas yang memiliki mata kuliah Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini antara lain adalah Direktur Izin Tinggal Keimigrasian, Drs. Heru Tjondro, M.H., yang menyampaikan materi mengenai Perkembangan Keimigrasian di Indonesia serta memaparkan beberapa contoh-contoh kasus di bidang keiimigrasian, kemudian Wakil Dekan IV FH Usakti, Dr. Tri Sulistyowati, S.H., M.Hum., yang menyampaikan materi mengenai Hukum Keimigrasian Indonesia, dan ditutup dengan materi yang disampaikan oleh Koordinator Alih Status Keimigrasian, Tessar Bayu Setiaji, yang menyampaikan materi mengenai Golden Visa Indonesia. Kegiatan sosialisasi berjalan interaktif, dan terdapat beberapa peserta dari FH Usakti dan Taruna Poltekim yang mengajukan pertanyaan kepada para narasumber perihal permasalahan keimigrasian.

Semoga kegiatan sosialisasi kebijakan izin tinggal keimigrasian dan kewarganegaraan ini dapat bermanfaat bagi para peserta yang hadir, terutama bagi peserta yang berasal dari unsur mahasiswa FH Usakti yang juga saat ini sedang mengambil mata kuliah Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian.

Sumber Berita : Kehumasan FH Usakti

Floatin Button
Floatin Button