Berita

Berita Thumbnail
Kamis, 19 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH 2024: Implikasi Pengambilalihan Perusahaan pada Perlindungan Konsumen dan Kepastian Hukum Jaminan Pekerjaan bagi Pekerja

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas hari ini, Tim Peneliti yang diketuai oleh Dr. NGN Renti Maharaini Kerti, SH., MH mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Implikasi Pengambilalihan Perusahaan pada Perlindungan Konsumen dan Kepastian Hukum Jaminan Pekerjaan bagi Pekerja”.

Pengambilalihan perusahaan merupakan salah satu bentuk aksi perusahaan yang bertujuan untuk meningkatakan pertumbuhan usaha, memperluas pasar, dan mengembangan kemampuan internal perusahaan. Di sisi lain, pengambilalihan bisa berdampak pada persaingan dalam dunia usaha dan kelangsungan pekerjaan bagi pekerja. Bagaimana implikasi perlindungan konsumen dalam pengambilalihan perusahaan kepastian hukum dan jaminan kelangsungan  pekerjaan  bagi  pekerja pada perusahaan yang diambil alih oleh perusahaan lain merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian menggambarkan dan menjelaskan implikasi perlindungan konsumen dalam pengambialihan perusahaan dan pengaruhnya  terhadap kepastian hukum serta jaminan kelangsungan pekerjaan bagi pekerja pada perusahaan yang diambilalih. Tindakan pengambilalihan tidak saja menguntungkan bagi internal Perusahaan namun juga tidak merugikan bagi pekerja, Masyarakat sebagai pelanggan serta persaingan sehat. Salah satu tujuan perlindungan konsumen berdasarkan UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen adalah mewujudkan sistem perlindungan konsumen yang memberikan kemudahan akses informasi dan keseimbangan kepentingan bagi pelaku usaha dan konsumen. Hal ini selaras dengan UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas jo.UU No.13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan. Aksi perusahaan yang salah satunya adalah pengambialihan perusahaan memiliki dua sisi mata pisau dimana disatu sisi memberikan keuntungan namun di sisi lain tidak tertutup adanya dampak tidak saja bagi perusahaan dan para pekerja namun juga bagi persaingan dalam berusaha termasuk bagi masyarakat selaku konsumen secara tidak langsung.

Anggota Tim Peneliti terdiri dari Dr. Andari Yurikosari, S.H., M.H.; serta Keisyha Amanda Putri mahasiswa Fakultas Hukum dengan NIM 010002000372 dan Fabio Tio Rae (NIM 010001910011).

 

Ketua Peneliti Penelitian, Dr. NGN Renti Maharaini Kerti, SH.,MH

Dr. Andari Yurikosari, SH., MH
Keisyha Amanda PutriSebagian peserta yang mengikuti seminar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Floatin Button
Floatin Button