Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 18 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH 2024: Kelaikudaraan di Indonesia: Regulasi, Kasus-kasus dan Tantangan Hukumnya

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas hari ini, Tim Peneliti yang diketuai oleh Dr. Ayu Nrangwesti, SH., MH yang mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Kelaikudaraan (Airworthinnes) di Indonesia: Regulasi, Kasus-kasus dan Tantangan Hukumnya.”.

Penelitian ini mempermasalahkan bagaimanakah prinsip-prinsip dan norma-norma hukum kelaikudaraan yang terdapat di dalam regulasi, peraturan perundang-undangan baik pada hukum nasional dan internasional ketika bersinggungan dengan praktik di dunia penerbangan. Di samping itu, penelitian ini juga membahas tentang kasuskasus penerbangan terkait kelaikudaran yang pernah terjadi dan bagaimana tantangan hukum yang dihadapi dalam dunia penerbangan. Diharapkan penelitian ini memberikan manfaat secara akademis untuk memperluas wawasan keilmuan Dosen dalam hukum udara dan hukum penerbangan pada khususnya. Selain itu, manfaat praktis dari penelitian ini ditujukan terhadap mereka yang berhubungan langsung dengan dunia penerbangan seperti para praktisi/pengamat penerbangan, regulator, operator dan manufaktur penerbangan. Tujuan penelitian dimaksudkan untuk mencari jawaban tentang prinsip dan norma hukum kelaikudaraan secara komprehensif serta memaparkan kasus-kasus kelaikudaraan serta solusi dan tantangan hukumnya.

Anggota tim peneliti terdiri dari Dr. Dra. Amriyati, S.H., M.H., M.Pd; Wildani Angkasari, S.H., LL.M., serta dibantu oleh Allesandro Praputranto, dengan NIM 010001900039.

Ketua Peneliti, Dr. Ayu Nrangwesti, S.H., M.H. sedang menjelaskan tentang kelaikudaraan, bersama Alessandro Praputranto (kanan bawah)

Floatin Button
Floatin Button