Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 02 Juli 2024
Oleh: adminfh

OTF Peradilan Semu selenggarakan Trisakti International Law Moot Court Competition (TRISIL Moot Court Competition) 2024

TRISIL merupakan kegiatan yang diadakan oleh OTF Peradilan Semu untuk menciptakan kader-kader yang sukses setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti dan juga untuk berkompetisi di perlombaan hukum internasional. Peserta TRISIL merupakan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Tahun ini terdapat total 9 Tim, masing-masing beranggotakan 2 orang dari angkatan 2022-2023. Setiap tim didampingi seorang mentor yang membimbing peserta dalam menyusun berkas persidangan dan praktik berargumentasi di persidangan International Court of Justice (ICJ).

TRISIL dilaksanakan dalam 3 hari dari Jumat, 28 Juni 2024 – Minggu, 30 Juni 2024. Terdapat empat babak dalam TRISIL tahun 2024 ini, yaitu: Preliminary round; Semi-final round; Deciding for 3rd place round; dan Fnal round. Acara ini dubuka oleh pimpinan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, yaitu Dr. H. Aji Wibowo, SH., MH (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan) serta Dr. Rahmat Santoso, SH., MH (Asisten Wakil Dekan III).

Adapun dosen-dosen dan alumni di bidang hukum internasional yang telah memiliki pengalaman menjadi juri (judge) dalam Phillip Jessup maupun International Humanitarian Law Moot Court Competition di Indonesia seperti  Dr. H. Aji Wibowo, S.H., M.H;  Dr. Arlina Permanasari, S.H., M.Hum;  Amalia Zuhra, S.H., LL.M., Ph.D; dan Wildani Angkasari, S.H., LL.M, (keempatnya anggota Pusat Studi Hukum Humaniter dan HAM / terAs, Fakultas Hukum Universitas Trisakti). Dosen dan mahasiswa FH Universitas Trisakti lainnya yang terlibat adalah  Abdurrachman Satrio, S.H., LL.M. dan Muhammad Falih Nasywaan Surya. Sedangkan juri yang berasal dari luar adalah Bernhard Ruben Fritz Sumigar, S.H., LL.M. (Kredivo Group);  Maryzka Tiara Hardy, S.H. (Fitrisyah Winata & Partners); Ribka Siahaan, S.H. (Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia); Tsa Tsa Crysta Purba, S.H., M.H. (PT Kaltim Global); serta Muhammad Firdaus Alamsyah, S.H. (Am Badar & Am Badar – Intellectual Property Law Firm Since 1965).

Panitia TRISIL Moot Court Competition 2024 terdiri dari Mahasiswa Fakultas Hukum Angkatan 2021 – 2023, antara lain  Nadia Angelica Hidayat (Ketua Pelaksana); Nadila Ariella Taufik (Publikasi dan Dokumentasi); dan Melza Ayu Salma (Divisi Mooting). Sedangkan mentor juga terdiri dari mahasiswa yang bertugas membantu para peserta dalam menyusun berkas dan latihan praktik membawakan argumentasi, seperti Angel June Anabelle; Emanuella Marcellina; Michelle Silsa; Nariman; dan Ayub Christo Carens Patioran. TRISIL Moot Court Competition 2024 beserta seluruh mahasiswa yang terlibat dalam dilihat di media sosial TRISIL di https://www.instagram.com/trisil.mootcourt.

TRISIL Moot Court Competition 2024 menghasilkan kandidat terbaik, yaitu Best Applicant Memorial, Best Respondent Memorial, dan Best Combined Memorials diraih oleh Team 118. Kemudian dalam preliminary round, third best oralist diraih oleh Egi Nugraha, second best oralist diraih oleh Rafy Khairy, dan first best oralist diraih oleh Intan Zafirah. Ada juga additional award oleh juri (diskresi juri), yaitu top oralist in final round diraih oleh Egi Nugraha. Untuk 3rd winner diraih oleh team 112, 2nd winner diraih oleh team 113, dan 1st winner diraih oleh team 116.

Pleading Day 1 – Preliminary Round

Pleading Day 2 – Semi-Final Round, Deciding for 3rd Place, and Final Round

Closing ceremony

Floatin Button
Floatin Button