Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 23 Juni 2024
Oleh: adminfh

PRODI SARJANA ILMU HUKUM FH USAKTI MENYELENGGARAKAN PROGRAM SUMMER COURSE “CULTURE & LEGAL STUDIES” 2024

Pada hari Selasa, 18 Juni 2024, Prodi Sarjana Ilmu Hukum FH Usakti kembali menyelenggarakan program Summer Course. Tahun ini Summer Course diselenggarakan secara visual untuk materi perkuliahan dan dilanjutkan dengan kunjungan budaya ke D.I. Yogyakarta.  

Pembukaan dilakukan secara visual oleh Dekan FH Usakti, Ibu Dr. Dra Siti Nurbaiti, SH, MHum. Sebelumnya, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Program Studi Sarjana Ilmu Hukum FH Usakti, Ibu Maya Indrasti Notoprayitno, SH, MSi, PhD membacakan laporan. Disampaikan oleh ketua pelaksana bahwa; budaya dan hukum memiliki hubungan yang kuat dan penting di era globalisasi agar terciptanya kerangka kerja hukum yang inklusif dan menghormati perbedaan budaya untuk mendorong kerja sama global, perdamaian, dan pembangunan. Mengingat pentingnya budaya dan hukum, Prodi Sarjana Ilmu Hukum memilih untuk menyoroti masalah ini sebagai tema untuk Summer Course 2024 dengan harapan isu-isu budaya dalam kerangka hukum akan menjadi bagian penting dari inklusivitas global. Adapun materi yang diangkat adalah terkait budaya dengan hukum bisnis, hukum humaniter dan cagar budaya, adaptasi budaya pada pengungsi, budaya hukum dan hak-hak fundamental, serta diplomasi budaya.

Menurut ketua pelaksana, Summer Course pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 bekerja sama dengan Universitas Tilburg, Belanda. Summer Course kedua diadakan pada tahun 2023 bekerja sama dengan Youngsan University, Korea Selatan. Tahun ini adalah Summer Course ketiga, dan dengan bangga Prodi Sarjana Ilmu Hukum dapat menyelenggarakannya secara mandiri, tanpa kolaborasi.

Sebelum berakhir, ketua pelaksana menjelaskan bahwa program Summer Course tahun 2024 telah mengalami peningkatan partisipasi yang signifikan, dengan peningkatan sebesar 86,3% dari tahun sebelumnya. Tahun ini, jumlah peserta sebanyak 41 orang yang berasal dari Malaysia, Filipina, Myanmar, Pakistan, Afganistan, Mozambik, dan Indonesia. Para pengajar pun terdiri dari berbaga negara yakni Thailand, Korea Selatan, dan Indonesia.

Dengan kegiatan Summer Course ini, semoga nama Fakultas Hukum Usakti semakin dikenal di kancah pendidikan dunia sebagaimana disampaikan oleh Dekan FH Usakti dalam pembukaan.

We proudly present the Summer Course 2024 e-booklet: https://heyzine.com/flip-book/951d9f63f6.html

Floatin Button
Floatin Button