Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 03 Maret 2024
Oleh: adminfh

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI GELAR SEMINAR INTERNASIONAL DAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PkM) DI JEPANG

Pada hari Sabtu, 2 Maret 2024, bertempat di Shinjuku, Jepang, Fakultas Hukum Universitas Trisakti melaksanakan kegiatan seminar internasional dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), yang diselenggarakan bekerjasama dengan Japan-Indonesia Lawyer Association dan Wako University.

Kegiatan seminar internasional dan PkM yang dilaksanakan oleh Fakultas Hukum Universitas Trisakti tersebut mengangkat beberapa topik yang terdiri antara lain:

1. Investment Legal System that Promotes Ease of Doing Business in Indonesia

2. Provision of Land for Investment Activities

3. Mixed Marriages in Indonesia: Some Legal Issues in Private International Law

4. Minorities Rights Issues in Culture & Education: Identifying and Discussing Specific Human Rights Issues in Indonesia and Japan

5. Legal Consultation on Immigration Law in Indonesia

6. Legal Consultation on Citizen Law in Indonesia

7. Legal Consultation on Binding Sale and Purchase Agreements and the Formulation of Authentic Deeds of Land and Buildings

8. Legal Consultation on Marriage Agreement

9. Mixed-Marriage Law based on Indonesian Law

10. Indonesian Inheritary Legal Pluralism

11. Employment Law Consultation to the Indonesian Diaspora in Tokyo, Japan

12. Legal Protection for Indonesian Migrant Workers in Japan.

13. Legal Consultation on Restorative Justice in Indonesian Criminal Law

14. Legal Consultation on Personal Data Protection

Kegiatan seminar internasional dan PkM dimulai dengan sambutan oleh Dekan FH Usakti, Dr. Dra. Siti Nurbaiti, S.H., M.Hum., kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari perwakilan JILA, Prof. Yamasitha, Prof. Husano, dan Prof. Kimura. Presentasi dari FH Usakti disampaikan oleh Dr. Anna Maria Tri Anggraini, SH,MH dan Dian Purnamasari, SH,MH,PhD, dengan moderator Dr. Arlina Permanasari, SH,MH. Diskusi dalam acara seminar internasional ini berlangsung dengan konstruktif. Kegiatan ini diikuti  oleh 68 dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti, dan peserta dari Jepang  yang terdiri dari praktisi lawyer Jepang, diaspora, pekerja migran indonesia di Jepang, dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang. Banyak terjadi tanya jawab antara para peserta dan para dosen dari FH Usakti untuk membahas permasalahan-permasalahan yang dialami oleh masyarakat Indonesia di Jepang serta tawaran gagasan-gagasan skema penyelesaian permasalahan yang ada tersebut.

Pada kesempatan sesi kedua,  Dean of Faculty Economics and Business, Wako University, Tokyo, Prof. Bambang Rudianto, menyampaikan materi tentang bagaimana peluang menjalin kerjasama dengan universitas di Jepang dan bagaimana tantangan belajar di universitas Jepang. Sesi terakhir disampaikan paparan oleh Ketua Rumah Imigran Indonesia (RUMI), Anastasya Wulandari dan perwakilan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jepang. Dengan materi paparan yang disampaikan oleh Ketua RUMI dan PPI Jepang, dapat diketahui adanya permasalahan-permasalahan yang dialami oleh warga Negara Indonesia, terutama pekerja migran dan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jepang. Oleh karena itu, program Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengusung beberapa tema konsultasi hukum dirasakan sangat bermanfaat bagi Masyarakat Indonesia di jepang yang hadir pada acara tersebut.

Semoga kegiatan seminar internasional dan pengabdian kepada masyarakat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya yang saat ini sedang bertempat tinggal di Jepang, dan dapat memberikan motivasi bagi para civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Trisakti untuk senantiasa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar dapat bermanfaat lebih luas lagi bagi masyarakarat Indonesia dimanapun berada.

Sumber berita: Kehumasan FH Usakti

Floatin Button
Floatin Button