Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 17 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH 2024: Aspek Hukum Transportasi Benda-benda Cagar Budaya pada Situasi Konflik Bersenjata Non-Internasional

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas hari ini, Tim Peneliti yang diketuai oleh Dr. Dra. Siti Nurbaiti, SH., M.Hum. yang mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Aspek Hukum Transportasi Benda Cagar Budaya pada Situasi Konflik Bersenjata Non-Internasional”.

Latar belakang penelitian terinspirasi dari beberapa peristiwa konflik bersenjata yang terjadi baik di Ukraina maupun di Palestina, yang mengakibatkan kehancuran berbagai benda cagar budaya yang merupakan warisan dunia. Dalam konflik bersenjata di Ukraina, salah satu penyebab hancurnya asset negara tersebut berupa benda cagar budaya, adalah tidak terdapatnya pelindungan pada benda cagar budaya yang bersifat “movable” sehingga dapat dikirimkan ke tempat penampungan yang aman, atau bahkan ke negara lain demi terselamatkannya benca cagar budaya. mengingat bahwa benda cagar budaya banyak tersebar di berbagai wilayah, termasuk di Tangerang Selatan, maka hal tersebut menginspirasi peneliti untuk mengkaji pelindungan benda cagar budaya dari aspek transportasi. Permasalahan penelitian ini adalah belum digagasnya suatu peta jalan transportasi baik di darat, di laut maupun di udara, yang dapat digunakan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan pada khususnya maupun Pemerintah Indonesia pada umumnya yang diimplementasikan pada saat konflik bersenjata. Maksud penelitian ini adalah untuk memulai gagasan awal tentang peta jalan transportasi untuk melindungi benda cagar budaya pada waktu konflik bersenjata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempersiapkan aspek-aspek hukum dan non-hukum bagi pembentukan peta jalan transportasi dalam waktu konflik bersenjata.

Anggota tim peneliti terdiri dari Dr. Arlina Permanasari, S.H., M.H., dibantu oleh Nabillah Aini dan Putri Valery Christy, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Floatin Button
Floatin Button