News

Berita Thumbnail
Thursday, 08 June 2023
Oleh: adminfh

*BERITA DARI FAKULTAS HUKUM*

Pada hari Senin, tanggal 5 Juni 2023 Direktorat Jenderal Keimigrasian Kementrian Hukum dan HAM bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Trisakti menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.10 Tahun 2023 tentang Pendaftaran dan Permohonan Fasilitas Keimigrasian Bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda, Permohonan Surat Keterangan Keimigrasian dan Pengembalian Dokumen Kemigrasian Akibat Status Kewarganegaraan. Peraturan Menteri ini baru disahkan pada bulan Februari 2023, sehingga memang perlu untuk disosialisasikan kepada masyarakat, termasuk dosen dan mahasiswa.


Kegiatan sosialisasi seperti ini diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2021, dengan tema materi yang selalu uptodate. Hadir dalam acara tersebut adalah Dekan dan para Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, serta para Pejabat di lingkup Direktorat Jenderal Keimigrasian. Acara berlangsung di Hotel Aston Kartika, Jl Kyai Tapa, Grogol Jakarta Barat, yang diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa, alumni dan dosen, terutama yang mengasuh mata kuliah Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian.


Acara diawali dengan laporan ketua panitia dari Ditjen Imigrasi, dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Dr. Dra. Siti Nurbaiti, SH,MH, dan disusul dengan sambutan Direktur Ijin Tinggal Keimigrasian, yang diwakili oleh Yudanus Dekiwanto, SH,MH, Analis keimigrasian Ahli Utama, Ditjen Imigrasi. Dalam sambutannya, baik Dekan maupun Direktur Ijin Tinggal Keimigrasian sangat menyambut baik terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, mengingat peraturan-peraturan turunan terkait kewarganegaraan dan keimigrasian telah beberapa kali berubah seiring dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat.


Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan acara inti dengan menghadirkan 3 (tiga) narasumber, yaitu Nurudin, S.Sos, M.si, Koordinator Status Keimigrasian dan Kewarganegaraan, yang menggantikan Direktur Ijin Tinggal Keimigrasian yang sedianya akan hadir, Dr. Tri Sulistyowati, SH,MHum, Wakil Dekan IV Fakultas Hukum Universitas Trisakti, dan Faizal Abidin Mangaweang, SH, Ketua Umum Perkumpulan Pengacara Imigrasi Indonesia, dan dipandu oleh moderator Ruri Hariri Roesman, Amd.Im, SH,MM. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama hampir 3 jam, dan animo peserta sangat positif dibuktikan dengan banyaknya respons peserta dalam acara diskusi di akhir paparan narasumber. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa dan dosen tentang masalah-masalah kewarganegaraan dan keimigrasian berikut dasar hukumnya, serta mempererat jalinan Kerjasama antara Fakultas Hukum dengan Direktorat Jendral Keimigrasian Kementrian Hukum dan HAM.
Sumber berita: Wakil Dekan IV FH Usakti

Floatin Button
Floatin Button