Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 18 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH 2024: Future Worker Social Security in Armed Conflict Situation

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas hari ini, Tim Peneliti yang diketuai oleh Dr. Dra. Amriyati, SH., MH., M.Pd., yang mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Future Worker Social Security in Armed Conflict Situation.”

Kondisi parahnya lingkugan akibat peperangan yang terjadi di Palestina, antara lain dapat menyebabkan para pekerja kehilangan pekerjaan mereka. Dalam kondisi demikian, tidak terdapat suatu jaminan sosial bagi para pekerjaan yang kehilangan pekerjaannya. Hal ini akan meliputi ketidakpastian tentang perolehan jaminan sosial yang seharusnya didapatkan oleh para pekerja dalam situasi tersebut sehingga hal ini mengakibatkan tidak adanya kepastian hukum.

Di Indonesia setiap warga negara berhak untuk mendapatkan hak-hak konstitusional mereka termasuk mendapatkan jaminan sosial. Hal ini telah dijamin berdasarkan prinsip-prinsip kemanusiaan sebagai prinsip hak asasi manusia yang fundamental, sebagaimana tercermin dalam Undang-undang Dasar 1945 dan berbagai peraturan turunannya seperti Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang tenaga kerja dan Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Penelitian ini pada hakekatnya berusaha untuk memperoleh Solusi terhadap para pekerja yang berada dalam situasi konflik bersenjata, agar mereka berhak mendapatkan hak-hak tersebut.

Anggota tim peneliti terdiri dari Dr. Dra. Siti Nurbaiti, S.H., M.Hum; Dr. Arlina Permanasari, S.H., M.H., dibantu oleh Willy Artha, dengan NIM 010002300188.

Ketua Peneliti, Dr. Dra. Amriyati, S.H., M.H., M.PdDr. Dra. Siti Nurbaiti, S.H., M.HumDr. Arlina Permanasari, S.H., M.HumWilly Artha, mahasiswa yang terlibat dalam penelitian

Dora Misianingsih Nasution, S.T., M.M., bertindak sebagai admin dan co-host dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas.

Floatin Button
Floatin Button