Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 17 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH 2024: Meta-analisis Penggunaan Keywords yang berkaitan dengan Hukum Humaniter dalam Putusan-putusan Pengadilan di Indonesia.

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas hari ini, Tim Peneliti yang diketuai oleh Dr. Aji Wibowo, SH., MH yang mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Meta-analisis Penggunaan Instrumen Hukum Humaniter dalam Putusan-putusan Pengadilan di Indonesia.”.

Latar Belakang peneliti melakukan penelitian ini adalah melihat implementasi Hukum Humaniter Internasional (HHI), khususnya yang dilihat dalam putusan-putusan pengadilan, baik berupa penerapan norma-norma HHI yang terdapat dalam perjanjian internasional HHI yang telah/belum diratifikasi oleh suatu negara, maupun penerapan norma-norma hukum kebiasaan humaniter internasional serta dapat pula ditemukan dalam putusan-putusan pengadilan yang dikemukakan oleh pendapat para ahli, maupun pendapat hakim dalam memutus perkara. Permasalahan dalam penelitian ini adalah melakukan pembahasan terhadap putusan pengadilan di Indonesia yang menggunakan instrumen HHI, baik yang berasal dari perjanjian internasional yang telah/belum diratifikasi, maupun yang merupakan Hukum Kebiasaan Humaniter Internasional (CIHL) dan mengintegrasikannya dengan aspek peran majelis hakim dalam perumusan putusan, dan aspek politis di mana kasus-kasus tersebut diputuskan. Maksud penelitian ini adalah untuk mengkaji peran hakim dari aspek sosiologi terhadap implementasi HHI di bidang yudikatif, yang diklasifikasikan dalam berbagai parameter, termasuk aspek politis. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana penggunaan instrumen HHI dalam menyelesaikan perkara dan bagaimana perbandingannya dengan ketersediaan instrument HHI sebagai bagian dari pranata hukum nasional dan relasinya dengan peran majelis hakim sebagai perumus putusan dan pembuat hukum.

Anggota tim peneliti terdiri dari Dr. Arlina Permanasari, S.H., M.H., dibantu oleh Nadia Angelica Hidayat, mahasiswi Fakultas Hukum dengan NIM 010002100295, Nahdia Salsabilah (010002100299) dan Fero Sayid Abdullah.

Ketua Peneliti Dr. Aji Wibowo (kiri atas), Dr. Arlina (kanan atas), para mahasiswa: Nadia Angelica Hidayat dan Fero Sayid Abdullah (kiri) serta Dora Nasution, ST., M.M (kanan tengah) dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas 2024.
Floatin Button
Floatin Button