Berita

Berita Thumbnail
Kamis, 13 Juli 2023
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS & HIBAH BUKUFAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI 7 JULI 2023 – 15 JULI 2023

English Version

MENEBAR ILMU, MERAIH MANFAAT, MENUAI KEMAJUAN BANGSA

PEKAN ILMIAH PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS & HIBAH BUKU
FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI
7 JULI 2023 – 15 JULI 2023

“Pekan Ilmiah Penelitian Unggulan Fakultas & HIbah Buku” yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Trisakti di hari keenam tanggal 14 Juli 2023 menyajikan Sosialisasi Hasil Penelitian Unggulan Fakultas (PUF) dalam rangka mendapatkan masukan/input bagi pelaksana Penelitian Unggulan Fakultas.

Topik Sosialisasi Hasil PUF

Tema Sosialisasi Hasil Penelitian: “Kendala Pelaksanaan putusan pengadilan Tata Usaha Negara (Analisis tentang hambatan eksekusi Putusan PTUN)”
Tim Peneliti: Tim Peneliti terdiri dari Dosen Fakultas Hukum, Mahasiswa dan Alumni, yakni :
Ketua Peneliti: Dr. Yogo Pamungkas, S.H., M.Hum.
Anggota Peneliti: Dr. Dra. Amriyati, S.H., M.H., M.Pd.
Dr. Andari Yurikosari, S.H., M.H.
Mahasiswa: Richi J. Candra, S.H.

Waktu: Jum’at, 14 Juli 2023, pukul 13.00 – 15.00 WIB.
Zoom Meeting:
Meeting ID: 980 3893 6563
Passcode: 912856

Ringkasan Penelitian
Penelitian ini membahas tentang adalah faktor-faktor penyebab terhambatnya pelaksanaan putusan PTUN dan bagaimana jalan keluar atas terhambatnya pelaksanaan putusan PTUN tersebut. Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui faktor penyebab terhambatnya pelaksanaan putusan PTUN dan rumusan jalan keluar atas terhambatnya pelaksanaan putusan PTUN. Kajian ini menggunakan metode doktrinal, menitikberatkan penggunaan data sekunder dari bahan hukum primer, terutama pada regulasi yang berhubungan dengan aspek materil dan formil Peradilan Administrasi Negara, bahan hukum sekunder dalam bentuk buku referensi dan penelitian yang relevan dengan tema kajian. Khusus untuk buku referensi dan penelitian akan diperluas dengan tema sejarah dan sosial untuk melihat dari faktor social yang mempengaruhi pembentukan hukum. Digunakan pula bahan hukum tersier sebagai alat bantu penemuan data. Data yang terkumpul dan diseleksi dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan regulasi dan konsep. Selanjutnya seluruh hasil analisis akan disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa hambatan pelaksanaan putusan PTUN adalah hukum acara yang belum mampu memberikan jaminan tentang mekanisme terlaksananya putusan dan putusan yang tidak mempertimbangkan aspek ekosistem hukum administrasi negara dan ekosistem politik administrative. Dalam hal tuntutan terdapat permintaan untuk menerbitkan keputusan atau melakukan tindakan atau merevisi keputusan dengan menerbitkan keputusan baru, maka diperlukan penilaian ex nunc dan Lembaga pelaksana putusan PTUN.

Ayo bergabung..!

Terinspirasi dari ‘Alī bin Abī Thālib yang menyatakan bahwa “kedzaliman akan terus ada, bukan karena banyaknya orang-orang jakat, akan tetapi karena diamnya orang-orang yang baik”, maka kegiatan Sosialisasi Hasil Penelitian Fakultas Hukum Universitas Trisakti diharapkan akan menjadi jembatan yang nyata antara dunia kampus dan kehidupan nyata khususnya seluk beluk PTUN. Kami mengundang civitas akademika Universitas Trisakti untuk menghadiri kegiatan ini, terutama untuk mahasiswa dari peminatan Hukum Acara pada khususnya maupun peminatan lainnya di Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Floatin Button
Floatin Button