Berita

Berita Thumbnail
Sabtu, 21 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH 2024: Melindungi DKI Jakarta Pendekatan Interdisipliner berdasarkan Aspek Geologi, Hak Asasi Manusia, dan Mitigasi Bencana dalam Perspektif Hukum Internasional.

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas hari ini, Tim Peneliti yang diketuai oleh Amalia Zuhra, SH., LL,M yang mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Melindungi DKI Jakarta: Pendekatan Interdisipliner berdasarkan Aspek Geologi, Hak Asasi Manusia, dan Mitigasi Bencana dalam Perspektif Hukum Internasional”.

DKI Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, menghadapi ancaman serius dari bencana alam, terutama yang berhubungan dengan aspek geologi. Perubahan iklim, tingginya tingkat urbanisasi, dan pemanasan global semakin meningkatkan risiko bencana di wilayah ini. Ketidakseimbangan antara perkembangan perkotaan yang cepat dan kondisi geologis yang rapuh di DKI Jakarta telah menyebabkan kerentanannya terhadap bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan peningkatan permukaan air laut. Sementara itu, kerangka hukum internasional dalam mitigasi bencana masih belum sepenuhnya terintegrasi dengan pengetahuan geologi yang ada. Penelitian ini akan membahas permasalahan terkait dengan hal tersebut. Penelitian ini membahas tentang bagaimana tingkat kerentanan DKI Jakarta terhadap bencana geologis, seperti banjir dan tanah longsor, memengaruhi hak asasi manusia penduduk setempat, terutama dalam konteks akses terhadap kehidupan yang layak dan lingkungan yang aman; serta bagaimana integrasinya dalam pendekatan multidisiplin, termasuk aspek geologi dan hak asasi manusia, dalam upaya mitigasi bencana di DKI Jakarta, Hal lain yang menjadi perhatian peneliti adalah Upaya-upaya mitigasi bencana di DKI Jakarta yang akan ditinjau apakah sejalan dengan prinsip-prinsip dan instrumen hukum internasional yang relevan. Penelitian ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan terkait bencana geologi dan bagaimana Hak Asasi Manusia melindungi warga negara dari hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan aspek geologi dengan kerangka hukum internasional dalam upaya mitigasi bencana di DKI Jakarta. Adapun manfaat yang diharapkan ialan bahwa Penelitian ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana kerangka hukum internasional dapat ditingkatkan untuk lebih mempertimbangkan faktor-faktor geologi dalam upaya mitigasi bencana di daerah perkotaan yang rentan.

Anggota tim peneliti terdiri dari Ir. Agus Guntoro, M.Sc., Ph.D.; Wildani Angkasari, S.H., LL,M., serta dibantu oleh  Eugine Vine Octeriani (NIM 010002000286) dan Dwinanda Audrey (NIM 010002000482).

Floatin Button
Floatin Button