Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 09 Juli 2024
Oleh: adminfh

“Meningkatkan Kualitas Jurnal: Fakultas Hukum Universitas Trisakti Menuju Scopus”

Selasa, 9 Juli 2024, Fakultas Hukum Universitas Trisakti menyelenggarakan diskusi ilmiah dengan tema “Standard Artikel dan Pembenahan: Pendirian Journal ke Arah Terindeks Scopus”. Acara ini dirancang untuk memberikan wawasan dan panduan kepada Dosen, pengurus jurnal dan mahasiswa dalam upaya mempublikasikan jurnal yang dapat terindeks di Scopus.

Acara yang diinisiasi oleh Dewan Riset Penelitian dan pengabdian Masyarakat FH tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Dr. Dra. Hj. Siti Nurbaiti, SH. MH, yang menekankan pentingnya peningkatan kualitas jurnal untuk mencapai standar internasional. “Dengan upaya ini, kami berharap dapat meningkatkan daya saing akademisi dan peneliti di tingkat global,” ujar beliau dalam sambutannya.

Hadir sebagai narasumber utama, Ridwan Arifin, S.H, LLM, dosen di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Ridwan Arifin juga dikenal sebagai Editor in Chief Journal of Indonesian Legal Studies (Scopus Q1) serta Managing Editor Lex Scientia Law Review (Scopus Q2) dan Managing Editor of Law and Legal Reform (Scopus) di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Beliau membagikan ilmu dan pengalamannya menulis di artikel ilmiah agar diterima di jurnal terindeks scopus serta Pengelolaan dan percepatan Jurnal menuju Scopus di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, serta memberikan tips dan strategi penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Acara ini dimoderatori oleh Dr. Maria Silvya E. Wangga, SH, MH, selaku Ketua Pusat Studi Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Dr. Maria Silvya berhasil memandu diskusi dengan baik dan rencana pendirian Trisakti Criminal Law Review di Pusat Sudi Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Trisakti mendapat dukungan dari Dekan, Dewan Riset Penelitian dan pengabdian Masyarakat FH serta pendampingan dari Pak Ridwan.

Dengan diselenggarakannya acara ini, Fakultas Hukum Universitas Trisakti berharap dapat menginspirasi dan memotivasi para Dosen, Pengurus jurnal dan mahasiswa untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang penelitian hukum, serta meningkatkan kualitas publikasi akademik di Indonesia.

Floatin Button
Floatin Button