Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 17 September 2024
Oleh: adminfh

PEKAN ILMIAH 2024: Perkembangan Jaminan Hipotik atas Kapal Laut Pasca Berlakunya Asas Cabotage dan Undang-Undang Cipta Kerja

Fakultas Hukum Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas untuk Tahun Akademik 2023/2024 yang baru saja berakhir.  Seminar Hasil Penelitian ini diselenggarakan mulai hari Selasa, 17 September 2024 hingga Sabtu, 21 September 2024, dengan memaparkan 19 Judul Penelitian Unggulan Fakultas.

Dalam Seminar Hasil Penelitian Unggulan Fakultas hari ini, Tim Peneliti yang diketuai oleh Prof. Dr. Elfrida Ratnawati, SH., MH yang mensosialisasikan penelitian yang berjudul “Perkembangan Jaminan Hipotik atas Kapal Laut Pasca Berlakunya Asas Cabotage dan Undang-Undang Cipta Kerja”.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang perkembangan hukum jaminan khusus tentang hipotik kapal laut dalam perspektif peraturan perundang-undangan setelah berlakunya asas cabotage dan pemberlakuan Undang-Undang Cipta Kerja, apakah kapal-kapal domestik milik pengusaha perkapalan masih banyak menjaminkan kapal-kapalnya di bank. Beberapa permasalahan banyak dihadapi oleh pengusaha kapal domestik di Indonesia setelah diberlakukannya asas cabotage, karena ternyata larangan kapal asing untuk beroperasi di perairan Indonesia untuk mengangkut barang dan orang hanya sebatas aturan saja, sedangkan dalam pelaksanaannya di lapangan tidak dilakukan oleh Pemerintah, bahkan melalui peraturan di bawah Undang-Undang yaitu Peraturan Menteri dapat melanggar aturan yang telah ditegaskan dalam Undang-Undang Pelayaran, bahkan Undang-Undang Cipta Kerja juga telah menguatkan, sehingga, bagaimana kepastian dan perlindungan hukum bagi para pengusaha kapal Indonesia untuk memberdayakan usahanya. Benarkah terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh pengusaha kapal-kapal domestik Indonesia dalam mengembangkan usahanya melalui prosedur Jaminan Hipotik Kapal Lau, apakah Pemerintah dalam hal ini Departemen Perhubungan Laut dan PT. INSA sebagai Organisasi Pelayaran Indonesia sudah melakukan Upaya maksimal membantu usaha pelayaran Domestik untuk memperbesar usaha Pelayarannya, dan apakah ada dampak bagi jaminan Hipotik Kapal Laut di Indonesia pasca diberlakukannya asas Cabotage dan Undang-Undang Cipta Kerja merupakan pokok permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengembangkan kinerja kapalkapal domestik Indonesia agar dapat berkompetensi dengan asing. Hasil penelitian secara khusus menawarkan rekomendasi tentang permasalahan-permasalahan existing dalam memberdayakan industri dalam negeri melalui kapal-kapalnya dalam mengangkut barang dan orang untuk meningkatkan ekonomi negara.

Anggota tim peneliti terdiri dari Dr. Meta Indah Budhianti, S.H., M.H.; I Gede Yudi Arsawan, S.H., M.Kn., serta dibantu oleh  Dionisius Purwo Sudarsono, S.H. alumni dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

            Ketua Peneliti, Prof. Dr. Elfrida Ratnawati, S.H., M.H (kiri atas). bersama anggota tim peneliti, I Gede Yudi Arsawan, S.H., M.Kn (kanan atas) mempresentasikan hasil penelitian mereka.

 

Floatin Button
Floatin Button