Recruitment

button-twitter.png button-facebook.png

Rekrutmen Dan Seleksi Bagi Dosen Tetap

REKRUTMEN DAN SELEKSI BAGI DOSEN TETAP
Rekrutmen dan seleksi bagi Dosen Tetap didasarkan kepada Peraturan Rektor Universitas Trisakti Nomor 5 Tahun 2017 tanggal 20 Maret 2017 tentang Pedoman Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Trisakti. Peraturan Rektor tersebut disusun dengan mengingat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
Kriteria rekrutmen dan seleksi telah ditentukan dan dikomunikasikan sehingga diketahui oleh para calon Dosen Tetap juga civitas academica.
 
REKRUTMEN
Rekrutmen adalah suatu proses pemilihan dan pengangkatan karyawan Universitas untuk mengisi formasi karyawan dengan ketentuan sebagai berkut:
1. Rekrutmen Karyawan Universitas diselenggarakan berdasarkan analisis kebutuhan nyata dan ketersediaan anggaran sesuai dengan Rencana Strategis, Rencana Operasional serta Rencana Program Kerja dan Anggaran (RPKA) yang ditetapkan oleh Universitas dan Fakultas berdasarkan usulan dari Program Studi dan Unit-unit.
2. Rekrutmen diumumkan secara terbuka dan bilamana perlu melalui media massa.
3. Rekrutmen karyawan dapat berasal dari dalam atau dari luar Universitas.
4. Rekrutmen dilaksanakan dengan mengacu pada pengangkatan karyawan setiap tanggal 1 Maret dan 1 September setiap tahunnya
Rekrutmen karyawan terdiri :
1. Rekrutmen Biasa
Rekrutmen biasa merupakan proses penerimaan Karyawan Tetap, baik untuk Dosen Tetap maupun Tenaga Kependidikan.
2. Rekrutmen Khusus
Rekrutmen khusus merupakan proses penerimaan Dosen Tetap yang berasal dari tenaga praktisi, dan tenaga ahli yang mempunyai keahlian dan pengalaman yang sangat dibutuhkan, dan pensiunan dosen dari perguruan tinggi lain.
3. Alih Status
Alih status dapat berupa peralihan dari :
a. Dosen Tidak Tetap menjadi Dosen Tetap
b. Tenaga Kependidikan menjadi Dosen Tetap
c. Dosen Tetap menjadi Tenaga Kependidikan
 
PERSYARATAN DAN SELEKSI KARYAWAN
1. Persyaratan Umum
Persyaratan Umum untuk pengadaan Karyawan adalah sebagai berikut:
a. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang diperbolehkan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku;
b. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
c. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945;
d. Tidak pemah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
e. Memenuhi batas usia kerja minimal menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku;
f. Usia seseorang ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum dalam akte kelahiran/surat kenal lahir;
g. Memenuhi standar kesehatan jasmani dan rohani yang ditetapkan oleh Universitas;
h. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai karyawan pada instansi sebelumnya;
i. Sanggup bekerja penuh waktu atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
j. Tidak terikat hubungan kerja dengan instansi lain, bagi Dosen Tetap yang ber-NIDN dan Tenaga Kependidikan

2. Persyaratan Khusus
Rekrutmen Dosen Tetap:
a. Berijazah minimal Program Magister (S2/Sp1) dengan IPK > 3,25 untuk
b. mengajar pada Program Diploma dan/atau Program Sarjana.
c. Berijazah Program Doktor (S3/Sp2)dengan IPK > 3,80 untuk mengajar
d. pada Program Magister dan/atau Program Doktor.
e. Berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi "A" atau "B" dari disiplin ilmu yang sesuai dengan program yang dikembangkan oleh masing-masing fakultas/program studi di Universitas.
f. Usia maksimal 32 (tigapuluh dua) tahun bagi lulusan S2/Sp1, dan 40 (empat puluh) tahun bagi lulusan S3/Sp2.
g. Usia maksimum 65 (enam puluh lima) tahun bagi yang telah memiliki
h. jabatan fungsional akademik Guru Besar.
i. Usia maksimal 50 (lima puluh) bagi seorang praktisi yang telah mempunyai pengalaman mengajar di perguruan tinggi minimal 2 (dua) tahun.
j. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai hasil test TOEFL
k. minimal 500 atau setara.
l. Lulus proses seleksi.

3. Persyaratan Administrasi
Setiap pelamar wajib mengajukan lamaran secara tertulis yang ditujukan kepada Rektor melalui Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia Universitas Trisakti dengan dilengkapi persyaratan administrasi yang terdiri atas:
a. Riwayat hidup;
b. Fotokopi ijazah dan transkrip nllai yang telah dllegallslr (cap basah) oleh instansi yang berwenang;
c. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan/seminar yang pemah diikuti serta hasil karya yang dipublikasikan/dipatenkan bagi dosen, dan ijazah SLTA dengan pendidikan lanjutnya serta sertifikat kursus/pelatihan yang pemah diikuti bagi Tenaga Kependidikan
d. ljazah lulusan luar negeri harus mendapat pengesahan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia;
e. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
f. Pasfoto terakhir, berwarna, ukuran 4 x 6 cm, 3 (tiga) lembar;
g. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK);
h. Surat keterangan lulus butuh bagi pelamar yang masih mempunyai ikatan kerja dengan instansi lain, apabila sudah diterima di Universitas Trisakti;
i. Bukti pengalaman kerja/mengajar dari instansi/perguruan tinggi sebelumnya (apabila ada);
j. Bukti keputusan penetapan jabatan fungsional akademik bagi Galon Dasen (apabila ada);
k. Surat lzin dari pimpinan instansi induknya (bagi pelamar Galon Dosen ber NIDK), kecuali yang berasal dari perguruan tinggi lain harus mempunyai surat keterangan lolos butuh;
l. Referensi yang terkait dengan kemampuan akademik maupun kinerjanya, dari 2 (dua) orang (apabila ada);
m. Surat keterangan sehat dari Dokter;
n. Bukti kemampuan berbahasa lnggris dengan nilai TOEFL minimal 500/setara yang masih berlaku bagi Calon Dasen.
 
4. Persyaratan Alih Status
a. Alih status menjadi Dasen Tetap
Persyaratan alih status dari Tenaga Kependidikan/Dasen Tidak Tetap menjadi Dosen Tetap, sebagai berikut:
1) Mengajukan permohonan ahh status kepada Dekan Fakultas terkait untuk diteruskan kepada Rektor;
2) Mempunyai pengalaman mengajar di perguruan tinggi minimal 2 (dua) tahun;
3) Berijazah minimalMagister (S2/Sp1) dengan !PK minimal 3,25 dari program studi yang terakreditasi minimal "B" oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dalam bidang ilmu terkait dengan pengembangan program studi di fakultas; '
4) Mata Kuliah yang diasuh adalah Mata Kuliah Dasar Keahlian atau Mata Kuliah Keahlian (bukan mata kuliah Pengembangan Kepribadian);
5) Usia maksimal 50 (limapuluh) tahun dan Praktisi yang telah mempunyai pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun;
6) Memperoleh indeks kinerja minimal rata-rata "BAIK" dalam 2 (dua) tahun terakhir bagi tenaga Kependidikan;
7) Mempunyai motivasi dan minat yang tinggi dalam mengabdikan ilmunya terhadap dunia pendidikan;
8) Mempunyai integritas moral yang tinggi dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi;
9) Memiliki tata krama dalam pelaksanaan tugas dan tata pergaulan kampus sesuai dengan Trikrama Universitas;
10) Sehat jasmani dan rohani;
11) Bukti kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL minimal 500/Setara yang masih berlakubagi Calon Dosen
12) Lulus proses seleksi.
b. Alih status menjadi Tenaga Kependidikan
Dosen Tetap yang alih status menjadi TenagaKependidikan, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1) Mengajukan permohonan alih status kepada Dekan Fakultas terkait untuk diteruskan kepada Rektor;
2) Usia maksimal 50 (lima puluh) tahun;
3) Memenuhi kualifikasi dan kompetensi untuk menjadi Tenaga Kependidikan dalam bidang yang bersangkutan;
4) Memperoleh Indeks Penilaian Kinerja minimal rata-rata "BAIK" dalam 2 (dua) tahun terakhir;
5) Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pusat Medis Trisakti (PMT).

5. Jenis Seleksi/Tes
Jenis seleksi/tes terdiri atas:
a. Seleksi Administrasi
b. Seleksi Kompetensi
c. Tes Potensi Akademik
d. Tes Psikologi
e. Tes Kesehatan

6. Penentuan Terakhir
Setelah pelamar menjalani seluruh rangkaian proses seleksi/tes, maka dilakukar tahap penentuan terakhir untuk menetapkan pelamar dinyatakan lulus atau tidak lulus berdasarkan hasil seleksiltes tersebut di atas.

7. Prosedur Seleksi Penerimaan Dosen Tetap:
a. Berkas lamaran diseleksi secara administratif oleh Biro Administrasi Sumber Daya Manusia untuk mengetahui terpenuhinya persyaratan umum, khusus dan administratif;
b. Apabila tidak ada formasi yang lowong,maka langsungdiberikan pemberitahuan tidak diterima oleh Wakil Rektor I c.q. Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia;
c. Apabila ada formasi yang lowong dan pelamar tidak memenuhi persyaratan umum, khusus dan administratif, langsung diberikan pemberitahuan tidak diterima oleh Wakit Rektor I c.q. Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia;
d. Apabila ada formasi yang lowong dan memenuhi persyaratan umum, khusus dan administratif pelamar dipanggil untuk mengikuti proses seleksi yang meliputi:
1) Seleksi Kompetensi.
Seleksi ini dilaksanakan oleh Fakultas yang membutuhkan, untuk mengetahui kesesuaian antara kompetensi kerja yang mencakup aspek pengetahuan, sikap kerja terhadap beban kerja dosen yang merupakan penjabaran dari Tridharma Perugruan Tinggi
2) Tes Potensi Akademik.
Tes Potensi Akademik dilaksanakan oleh UT Psikologi dan Konseling atau              atau bekerjasama dengan pihak lain, dengan tujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan pelamar di bidang keilmuannya.
3) Tes Psikologi.
Tes Psikologi dilaksanakan oleh UPT Psikologi dan KonselingUniversitas atau bekerjasama dengan pihak lain, untuk mengetahui kemampuan analitik, potensi akademik, motivasi, minat, ketekunan, ketelitian, kerjasama, kreativitas dan profil kepribadian pelamar.
4) Tes Kesehatan.
Tes Kesehatan dilaksanakan oleh Pusat Medis Trisakti untuk mengetahui kemampuan dalam menjalankan tugasnya dengan balk dilihat dari kondisi kesehatan jasmani dan rohani.
e. Bagi yang tidak lulus seleksi kompetensi yang dilakukan oleh Fakultas dilaporkan secara tertulis kepada Wakil Rektor Ic.q. Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia untuk diberikan pemberitahuan tidak diterima.
f. Bagi yang lulus seleksi kompetensi yang dilakukan oleh Fakultas dilaporkan secara tertulis kepada Wakil Rektor I c.q. Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia untuk mengikuti tes tahap selanjutnya.
g. Penentuan Terakhir penerimaan dilaksanakan oleh Tim penentu akhir dengan susunan keanggotaan sebagai berikut : Wakil Rektor I (sebagai ketua),Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia (sebagai sekretaris), serta Kepala Sekretariat Universitas, Kepala UPT psikologi Bimbingan dan Konseling (sebagai anggota) dengan mengundang Dekan Fakultas terkait.
h. Pemberitahuan diterima atau tidak diterima sebagai Calon Karyawan Oosen Tetap dilakukan Wakil Rektor lc.q. Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia.
i. Bagi yang diterima akan diangkat sebagai Calon Karyawan dengan Surat Keputusan Rektor.
j. Seluruh proses seleksi dan prosedur penerimaan Calon Karyawan dilakukan dalam waktu selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari kerja setelah diterimanya berkas lamaran secara lengkap.
k. Bagan dan Proses Rekrutmen Dosen Tetap Universitas terdapat pada Lampiran 1.1

8. Prosedur Alih Status
a. Mengajukan permohonan alih status kepada Dekan/Kepala Unit terkait;
b. Apabila mendapat rekomendasi dari Dekan/Kepala Unit terkait akan diteruskan kepada Rektor untuk diproses lebih lanjut;
c. Untuk alih status dari Tenaga Kependidikan,dan Dosen Tidak Tetap menjadi Dosen Tetap:
1) Mempunyai pengalaman mengajar di perguruan tinggi minimal 2 (dua) tahun;
2) Mendapat rekomendasi dari dosen senior (dalam hal pengalaman mengajar, dan pendidikan) di fakultas yang bersangkutan;
3) Selambat-lambatnya 1 (satu) tahun setelah diangkat menjadi Dosen Tetap wajib mengumpulkan atau mengajukan Angka Kredit Kumulatif (KUM)   untuk memperoleh Jabatan Fungsional Akademik sesuai ketentuan yang berlaku;
4) Apabila dalam jangka waktu tersebut di atas tidak memenuhi persyaratan di atas, maka yang bersangkutan kembali pada status semula;
5) Pangkat/golongan yang sudah dimiliki diakui sebagai pangkatlgolongan pertama          kali, sedangkan untuk selanjutnya pangkat/golongan disesuaikan mengikuti peraturan Dosen Tetap.
d. Untuk alih status dari Dosen Tetap menjadi Tenaga Kependidikan :
1) Telah berstatus sebagai Dosen Tetap minimal 2 (dua) tahun;
2) Terdapat formasi yang lowong;
3) Memenuhi syarat untuk mengisi formasi yang lowong;
4) Mendapat rekomendasi dari Dekan fakultas terkait;
5) Apabila dalam jangka waktu tersebut di atas tidak memenuhi persyaratan di atas, maka yang bersangkutan kembali pada status semula.

PENGANGKATAN KARYAWAN
1. Dosen Tetap
a. Pengangkatan sebagai Dosen Tetap:
1) Setelah lulus proses seleksi, untuk pertama kalinya Dosen diangkat sebagai Calon Dosen;
2) Jangka waktu berstatus Galon Oosen minimal 1 (satu) semester dan maksimal 2 (dua) semester.
b. Untuk peningkatan status dari Calon Dosen menjadi Dosen Tetap, Dekan terlebih dahulu wajib mengevaluasi kinerja dan integritas pribadi pada setiap semester menurut kemampuan dan perilaku dalam bidang:
1) Pendidikan dan Pengajaran
2) Penelitian dan Pengembangan IImu
3) Pengabdian kepada Masyarakat
4) Pembinaan Sivitas Akademika
5) Administrasi Manajemen
c. Selain persyaratan sebagaimana diatur dalam butirb di atas, untuk peningkatan status Calon Dosen menjadi Dosen Tetap, Dekan wajib mengevaluasi yang bersangkutan menurut aspek yang meliputi:
 
1) Kesetiaan
2) Loyalitas
3) Prestasi kerja
4) Tanggung Jawab
5) Ketaatan
6) Kejujuran
7) Kerjasama
8) Prakarsa
9) Kepemimpinan
d. Setelah melalui evaluasi kinerja dan integritas pribadi pada butir b dan c di atas oleh Dekan, maka apabila :
1) Dalam 1 (satu) semester hasil setiap unsur minimal "Baik", Dekan dapat mengusulkan kepada Rektor untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan;
2) Dalam 1 (satu) semester terdapat salah satu unsur hasilnya"Cukup", Dekan wajib membina untuk 1 (satu) semester berikutnya; jika setelah penilaian 1 (satu) semester berikutnya tidak mencapai hasil nilai minimal "Baik" untuk semua unsur, maka yang bersangkutan diusulkan kepada Rektor untuk diberhentikan;
3) Dalam 1 (satu) semester hasilnya "Kurang/Sangat Kurang", Dekan mengusulkan kepada Rektor untuk diberhentikan.
e. Setelah memenuhi ketentuan di atas dapat diangkat sebagai Oosen Tetap apabila:
1) Lulus Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan dengan hasil minimal "Baik";
2) Melengkapi persyaratan administratif yang berhubungan dengan beban tugas institusional.
2. Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan.
a. Untuk dapat diangkat sebagai Karyawan Tetap, wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan prajabatan;
b. Materi pokok Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan terdiri atas:
1) Bagi Calon Dosen Tetap.
a) Materi Umum: Pengenalan Universitas Trisakti;
b) Maten Khusus: Metode Pembelajaran, Metodologi Penelitian dan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat;
c) Materi lain yang diperlukan.

2) Bagi Calon Tenaga Kependidikan.
a) Materi Umum : Pengenalan Universitas Trisakti;
b) Materi Khusus : Administrasi Bidang Sumber Daya Manusia, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Administrasi Keuangan, Administrasi Kemahasiswaan, Administrasi Penelitian dan Administrasi Pengabdian Kepada Masyarakat;
c) Materi lain yang diperlukan.
c. Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan dilaksanakan maksimal 2 (dua) kali dalam setahun.
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

"SURVIVING THE DISRUPTIVE ERA OF INDUSTRY IN A SUSTAINABLE WAY". Register https://t.co/AS9SmO3Ts2 If require any… https://t.co/MzqWtQOptz
Selasa, 2 Mar 2021 08:08
Sahabat #usakti #trisakti Yuk langsung aja VOTE @RimarIdol11 sekarang juga lewat aplikasi RCTI+ dan SICEPAT KLIK ya… https://t.co/9xLPsgLDhd
Senin, 1 Mar 2021 22:10
@EvaVero_G Doakan ya pandemi covid-19 segera berlalu. Jangan lupa Tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) d… https://t.co/LrODomOIJQ
Senin, 1 Mar 2021 10:10
Jangan lewatkan! Ujian Saringan Masuk Universitas Trisakti Hari : Minggu Tanggal : 7 Maret 2021 Informasi Penerim… https://t.co/vkHMh0FAmD
Senin, 1 Mar 2021 10:10
Panduan Pengisian Self Assessment bagi Warga Usakti ➡️ https://t.co/9R9CBXrmgm https://t.co/EpmisoZ2oV
Senin, 1 Mar 2021 05:05
55 Hari lagi #Ramadan (13 April 2021). Mari kita persiapkan 🙏 ہَلۡ جَزَآءُ الۡاِحۡسَانِ اِلَّا الۡاِحۡسَانُ Hal… https://t.co/qXj11JURMh
Rabu, 17 Peb 2021 07:07
Info Universitas Trisakti : https://t.co/uLIDYQyANK
Sabtu, 13 Peb 2021 09:09
Selamat Imlek 2572 Gong Xi Fa Cai. Semoga Imlek membawa rejeki yang berlimpah dan kesehatan buat kita semua. sc:… https://t.co/J4Un2GRr7v
Kamis, 11 Peb 2021 11:11
⚜️🔊 *Broadcast info* 🔊⚜️ Panduan Pengisian Self Assessment bagi Warga Usakti ➡️ https://t.co/9R9CBXrmgm Silahkan… https://t.co/dEp1BqZnDv
Selasa, 9 Peb 2021 12:12
⚜️🔊 *Broadcast info* 🔊⚜️ Panduan Pengisian Self Assessment bagi Warga Usakti ➡️ https://t.co/9R9CBXrmgm Silahkan… https://t.co/W9U4QHrDbB
Selasa, 9 Peb 2021 12:12
⚜️🔊 *Broadcast info* 🔊⚜️ Panduan Pengisian Self Assessment bagi Warga Usakti ➡️ https://t.co/9R9CBXrmgm Silahkan… https://t.co/u5UAQy9xts
Selasa, 9 Peb 2021 12:12
⚜️🔊 *Broadcast info* 🔊⚜️ Panduan Pengisian Self Assessment bagi Warga Usakti ➡️ https://t.co/9R9CBXrmgm Silahkan… https://t.co/MqQQJKstiF
Selasa, 9 Peb 2021 12:12
Edisi Kangen Kampus, Kalau Kamu ? 😍 Ayo Tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Lakukan 3M: 1. Menggunak… https://t.co/GIhU0q0gEp
Minggu, 7 Peb 2021 20:08
Informasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti Webinar Covid 19 Vaccine : Solution of The Pandemic? Live… https://t.co/S0W9m127mG
Minggu, 7 Peb 2021 08:08
Siapa yang kangen kuliah di kampus? Doakan pandemi ini segera berakhir agar kita bisa happy kuliah bersama lagi 😊… https://t.co/S5O9GTWan2
Sabtu, 6 Peb 2021 18:06
7 Steps + 1 Call Cegah Penularan Covid 19 #usakti #trisakti https://t.co/sHPWKiVz5K
Rabu, 3 Peb 2021 05:05
Kajian Bulanan Universitas Trisakti Insha Allah: Jum'at 29 Jan 2021 Pkl: 9-11 Narsum: Prof. KH Nasaruddin Umar, MA… https://t.co/1DSHPTFznN
Jumat, 29 Jan 2021 08:08
Surat Pemberitahuan per 26 Januari 2021 tentang Lockdown di Lingkup Rektorat Universitas Trisakti. Mari kita disi… https://t.co/8HnqErqIrf
Selasa, 26 Jan 2021 20:08
Surat Edaran per 25 Januari 2021 tentang Work From Home (WFH) selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat… https://t.co/Z3U35m4Yle
Selasa, 26 Jan 2021 20:08
Jayalah Almamaterku, Jayalah Trisaktiku. Musyawarah Nasional IV IKA-USAKTI (@alumni_trisakti) Sabtu, 23 Januari 20… https://t.co/WYKLR9AHU4
Jumat, 22 Jan 2021 23:11

icon-fb.png Recent Posts

Guru Besar

Prof.Dr. Eriyantouw Wahid SH.MH Fakultas Hukum

Nama Lengkap : Prof.Dr.Eriyantouw Wahid, SH, MH NIP / NIK :   Pangkat / Golongan :   Jabatan Fungsional :…

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232
Fax: (62-21) 564 4270
Email: humas@trisakti.ac.id